13 Nov 2012

5 Tips Bayi Lahir Sehat dan Cerdas

5 Tips Supaya Bayi Lahir Sehat dan Cerdas

Selama masa kehamilan adalah masa yang menentukan bagi perkembangan fisik dan otak janin. Oleh sebab itu masa kehamilan ini harus sangat diperhatikan oleh para orang tua yang menginginkan buah hatinya terlahir sehat dan cerdas. Hal-hal tersebut meliputi memberikan nutrisi untuk ibu hamil dan janinnya, dan juga melakukan hal-hal yang dikemas ringkas dalam tips saat hamil berikut ini:

   1. Perhatikan kebutuhan Gizi ibu hamil Sejak awal kehamilan kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil meningkat. Hal ini dikarenanakan ada dua nyawa yang harus dipenuhi kebutuhan gizinya. Kandungan gizi dalam makanan harus diperhatikan keseimbangannya baik asupan protein, lemak, karbohidrat, ataupun mineral lainnya agar agar janin dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik dalam kandungan. Agar otak bayi dapat bertumbuh dan berkembang secara maksimal, butuh asupan asam amino, kolin, AA-DHA, asam folat, Fe, Zn, iodium dan vit. A. Kebutuhan akan zat-zat gizi tersebut dapat dipenuhi dengan meningkatkan konsumsi kacang-kacangan, buah dan sayuran. Konsumsi ikan laut seperti salmon dan tuna selama masa kehamilan juga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan bayi. Ikan-ikan tersebut kaya asam lemak omega 3 yang nantinya menghasilkan DHA. DHA ini merupakan komponen utama pembentuk selaput otak.

  2. Rajinlah berolah raga Ibu hamil juga membutuhkan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Hebatnya, janinpun akan merasakan manfaat baiknya. Dalam penelitian tentang kecerdasan anak, semakin sering perempuan berolah raga pada masa kehamilan, terbukti bahwa kemampuan bahasa dan dan tingkat kecerdasan sang anak cukup tinggi. Penyebab ilmiahnya adalah karena saat berolah raga, aliran darah akan semakin lancar. Hal inilah yang membuat aliran oksigen ke janin juga lancar sehingga bayi dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Olah raga yang bisa dipilh adalah olah raga seperti senam hamil, yoga, jalan satai atau berenang. Sebaiknya sebelumnya Anda mengkonsultasikannya dengan dokter kandungan agar lebih aman. Olah raga juga dapat membuat proses persalinan lebih lancar lho.

  3. Beri stimulasi fisik- motorik Sejak dalam kandungan, buah hati Anda bisa diajak berbicara atau merespon hal-hal yang Anda tujukan padanya lho. Mengajak ngobrol serta mengelus-elus perut bisa membuat janin senang sehingga merangsang bayi tumbuh dan berkembang secara maksimal.

 4. Beri stimulasi musik Memberi rangsangan berupa musik kepada janin juga merupakan cara yang tepat untuk mengoptimalkan kecerdasan dan mengasah kreativitas janin. Pengenalan musik sejak dalam kandungan dapat mempengaruhi otak bayi karena penangkapan dan pengenalan jenis musik melibatkan banyak bagian otak untuk bekerja. Disarankan untuk mendengarkan musik-musik yang lembut seperti musik klasik atau jazz.

5. Jadilah ibu hamil yang bahagia Selain faktor-faktor diatas, yang tak kalah penting adalah faktor psikologis sang ibu yang dipercaya bisa dirasakan dan menular kepada sang janin serta bisa memepengaruhi tumbuh kembang baik fisik maupun kecerdasannya. Stres, rasa sedih yang berlebihan yang berlarut-larut, atau rasa takut yang berlebihan dapat mengganggu tumbuh kembang janin Anda. Oleh sebab itu, berusalah menjadi ibu yang bahagia. Untuk mewujudkan hal ini tentu saja ibu tidak bisa sendiri. Perlu dukungan dari suami, keluarga dan orang-orang disekelilingnya agar seorang ibu hamil bisa bahagia menjalani proses kehamilannya.

 http://www.mamahamil.com/pages/artikel-17/5-tips-bayi-lahir-sehat-dan-cerdas-53.html

0 komentar:

Post a Comment

Kalau Artikel Ini Bermanfaat, Sudilah Kiranya Untuk Berkomentar.
Satu Respon Anda Sangat Bermanfaat Bagi Kemajuan Blog Ini....Trim's

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Google+ Followers

Powered by Blogger.

Definition List

Sample Text

Copyright © Tips Ibu Hamil dan Anak | Powered by Blogger