13 Nov 2012

8 Tanda Anda Hamil Muda

8 Tanda Anda Hamil Muda
Biasanya, bagi pasangan yang baru menikah atau pasangan yang sedang menantikan buah hati hal-hal seputar kehamilan sangat menarik perhatian untuk dipelajari. Tapi, kadang tanda awal kehamilan malah sering terlewat. Padahal, orang yang tidak tahu tanda awal kehamilan lebih berisiko mengalami keguguran. Penyebabnya, karena ketidaktahuan tersebut bisa saja seseorang masih mengonsumsi makanan- makanan yang dilarang pada masa kehamilan datang atau melakukan aktivitas- aktivitas yang berat. 
 
Jadi, bila Anda dan pasangan Anda sedang menjalanankan progam punya anak, ada baiknya Anda dan pasangan mulai ‘berkenalan’ hal-hal yang berkaitan dengan seputar kehamilan termasuk tanda-tanda kehamilan. Bila ‘si bulan’ sudah terlambat datang, berikut tanda awal kehamilan lain yang harus Anda cermati:
 
1. Payudara membesar
Saat masa kehamilan tiba, perempuan mengalami peningkatan produksi hormon esterogen dan progesteron sehingga payudara membesar. Payudara juga akan lebih sensitif bahkan terkadang akan terasa sakit saat dipegang. Bagian hitam pada payudara akan berwarna semakin gelap dan punting akan membesar pula.
 
2. Mual dan muntah
Tanda ini merupakan tanda yang cukup populer saat proses kehamilan tiba. Hal ini terjadi karena meningkatnya hormon Human Chorionic Gonadotrophin (HCG) dalam darah yang membuat perut terasa pedih dan mual.  Tanda ini sering disebut dengan istilah morning sickness. Namun kenyataanya, mual dan muntah juga sering terjadi pada siang atau malam hari.
 
3. Flek dan keram perut
Kadang bercak atau flek tanda kehamilan sering disalahartikan sebagai tanda menstruasi. Yang Anda harus cermati benar adalah hari munculnya flek. Flek tanda kehamilan biasanya muncul sebelum masa menstruasi tiba disertai dengan keram perut yang mucul teratur.  
 
4. Sering buang air kecil
Bila haid sudah datang terlambat satu atau dua minggu dan Anda merasa lebih sering kencing, kemungkinan besar Anda hamil. Gejala ini muncul karena janin menekan kandung kemih sehingga kandung kemih jadi lebih cepat penuh.
 
5. Mengantuk berlebihan
Perubahan hormonal dan bertambahnya kebutuhan karena ada dua nyawa dalam satu tubuh membuat organ vital ibu hamil bekerja ekstra. Hal ini lah yang membuat ibu hamil cepat merasa lelah dan mengatuk berlebihan.
 
6. Sering meludah
Meningkatnya hormon eterogen membuat tanda kehamilan ini muncul. Biasanya terjadi saat usia kehamilan berada pada trisemester pertama saja.
 
7. Sembelit
Meningkatnya hormon progesteron membuat otot dinding usus mengendur. Akibatnya ibu hamil sering susah buang air besar atau mengalami sembelit.
 
8. Temperatur basal naik
Setelah ovulasi terjadi suhu basal tubuh perempuan meningkat secara alami. Hal ini akan terus berlangsung selama masa kehamilan.
 
Tanda-tanda seputar kehamilan diatas memang sifatnya bisa berbeda-beda pada setiap orang. Tapi bila sebagian besar tanda-tanda tersebut sudah muncul, ada baiknya Anda melakukan tes kehamilan agar hasilnya lebih akurat.

0 komentar:

Post a Comment

Kalau Artikel Ini Bermanfaat, Sudilah Kiranya Untuk Berkomentar.
Satu Respon Anda Sangat Bermanfaat Bagi Kemajuan Blog Ini....Trim's

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Powered by Blogger.

Definition List

Sample Text

Copyright © Tips Ibu Hamil dan Anak | Powered by Blogger