25 Feb 2012

Ibu Hamil Jangan Sampai Anemia

Ibu Hamil Jangan Sampai Anemia. Pemberian suplemen untuk menambah zat besi juga harus dilakukan terhadap ibu hamil. Pasalnya, ketika seorang ibu yang tengah mengandung  mengalami kekurangan zat besi maka anak yang ada dalam kandungannya rentan terkena penyakit ini.

"Jika memang seorang ibu hamil mengalami tanda-tanda anemia, seperti tubuh mudah lesu, lekas lelah itu menjadi tanda gangguan ringan sementara jika berat ditandai dengan  sesak napas dan jatung berdebar," ungkap Prof. Dr. Djajadiman Gatot, Sp.A, satgas anemia defisiensi besi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia di Jakarta, belum lama ini.

Pada ibu hamil, volume darah meningkat hingga 50 persen. Untuk itu, zat besi harus ekstra dikonsumsi ibu yang sedang mengandung. Karena, zat besi membentuk sel darah merah yang akan menyuplai oksigen dan gas lain yang sangat penting bagi pertumbuhan janin. Jumlah zat besi yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari adalah 300 miligram.

"Cadangan besi di dalam tubuhnya karena nantinya akan digunakan anaknya mulai dari lahir sampai dengan anak berusia enam bulan," ungkap dr Djaja yang ditemui di sela-sela acara .

Lalu bagaimana mengukur kadar anemia? Pengukuran kadar baru bisa dilakukan dengan pemeriksaaan darah.  Jika hemoglobin pada kehamilan trimester pertama di bawah 11 g/dL, sementara  trimester kedua dan ketiga di bawah 10 g/dL, sudah dianggap anemia. Pengaruh keadaan anemia terhadap kehamilan bergantung pada derajat anemia.
Zat besi dapat dipenuhi dari komposisi makanan yang bergizi dan seimbang.

Untuk mencegah terjadinya anemia, biasanya dokter akan memberikan suplemen zat besi dengan asam folat. Namun, kalau sampai terjadi anemia berat, penanganan seperti transfusi darah mungkin saja diperlukan, tergantung dari bagimana kasusnya.

Menurut penelitian di negara berkembang, bayi yang lahir dari ibu penderita anemia kemungkinan akan menderita Anemia Defisiensi Besi, berat badan lebih rendah, premature dan meningkatnya mortalitas.

0 komentar:

Post a Comment

Kalau Artikel Ini Bermanfaat, Sudilah Kiranya Untuk Berkomentar.
Satu Respon Anda Sangat Bermanfaat Bagi Kemajuan Blog Ini....Trim's

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Powered by Blogger.

Definition List

Sample Text

Copyright © Tips Ibu Hamil dan Anak | Powered by Blogger