25 Feb 2012

Kaki Bengkak? Itu Tanda Anemia

Bagaimana mengenali anemia? Apa tanda-tanda jika terkena anemia yang disebabkan kurangnya zat besi?

Untuk kondisi amenia berat diawali gejala seperti sesak napas, detak jantung cepat, mudah lelah, dan bengkak di kaki.

"Dalam jangka waktu lama, walaupun kadar hemoglobin rendah, dapat tidak menunjukkan gejala yang jelas karena tubuh telah beradaptasi," ungkap Soedjatmiko ungkap dr. Soedjatmiko, SpA(K), Msi, dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang - Pediatri Sosial  RSCM Jakarta belum lama ini.
 
Penyakit ini juga ditandai dengan pertumbuhan yang cepat. Mengalami diare menahun, sindrom maladsorbsi, dan kelainan saluran pencernaan. Adanya infeksi menahun dan kehilangan darah. Infeksi parasit seperti cacing tambang. "Balita yang menderita anemia defisiensi besi akan terlihat pucat, lesu, dan tidak bergairah," ungkapnya.

Bila melihat anak Anda terlihat pucat, lemah, mudah lelah lebih baik memeriksakan ke dokter karena harus diketahui dan diatasi penyebabnya. Sebagian besar penyebab ADB adalah kurangnya besi di dalam asupan makanan sehari-hari. Oleh karena itu, penanganan tidak bisa dilepaskan dari nutrisi atau gizi.

"Bisa juga disebabkan berkurangnya jumlah besi total dalam  makanan, atau kualitas besi (bioavaibilitas) besi  yang tidak baik (makanan banyak serat, rendah vitamin C, dan rendah daging) serta kebutuhan besi meningkat seperti pada prematuritas, anak dalam masa pertumbuhan dan kehamilan," ungkapnya.

Kekurangan besi terutama disebabkan kurangnya besi dalam nutrisi. Makanan yang banyak mengandung besi terutama berasal dari protein hewani. Asupan besi yang cukup dan berkesinambungan sangat penting sebagai bahan pembentuk hemoglobin dan sel darah merah yang normal.

0 komentar:

Post a Comment

Kalau Artikel Ini Bermanfaat, Sudilah Kiranya Untuk Berkomentar.
Satu Respon Anda Sangat Bermanfaat Bagi Kemajuan Blog Ini....Trim's

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Powered by Blogger.

Definition List

Sample Text

Copyright © Tips Ibu Hamil dan Anak | Powered by Blogger